Kuala Lumpur: The Capital City of Malaysia

Karena KL merupakan capital city maka tak mengherankan jika kita akan banyak menemui bangunan-bangunan pencakar langit dimana-mana. Untuk masalah harga disini masih cukup terjangkau kok, mau makan nasi lemak cukup merogoh kocek 3 RM (kalau dikurs ke rupiah sekitar 9000an), transportasi anda bisa naik rapid train yang harganya bervariasi namun tidak lebih dari 3 RM. Disini banyak yang bisa dikunjungi selain skycrappers dan wisata mall! Ada berbagai tempat menarik lainnya seperti heritage building ataupun taman kota, museum disini juga terawat dan tidak akan membuat anda menyesal mengunjunginya. Ini dia beberapa tempat yang bisa anda jadikan rekomendasi saat berlibur di Kuala Lumpur

1. Dataran Merdeka

Tempat ini merupakan simbol peringatan kemerdekaan Malaysia, yang menonjol dari Dataran Merdeka ini adalah tiang-tiang benderanya yang salah satunya tingginya mencapai 100 m. Posisi dataran merdeka ini berdekatan dengan bangunan Sultan Abdul Samad, dan cukup strategis untuk walking trip dari masjid jamek ke Old KL Railway Station yang berdekatan juga dengan Masjid Negara. Lebih pas jika berkunjung ke tempat ini pada malam hari karena banyak lampu-lampu yang menambah keindahan bangunan tersebut.

Sultan Abdul Samad building near Dataran Merdeka

2. Petronas Twin Towers

Kalau anda berkunjung ke KL pasti menara kembar Petronas ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Pastikan anda tidak melewatkan jadwal untuk naik ke menara Petronas ini, karena terbuka untuk umum dan terakhir naik pada jam 4 sore. Kompleks bangunan modern di kawasan ini terkenal dengan istilah KLCC, di sekitarnya anda akan banyak menemui mall, dan masih berada di jangkauan wilayah Ampang. Tak jauh dari KLCC anda bisa menuju ke Malaysia Tourism Centre untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang wisata-wisata di Malaysia dan tentunya peta gratis, hehehe.

the icon of Malaysia

3. KL Tower

Di dalam bangunan tertinggi ke-6 di dunia ini terdapat mini zoo, cultural village, dan simulator F1. Untuk ke tempat ini lebih disarankan pake monorail atau bis daripada LRT.

KL Tower view from Dang Wangi Station

4. KL Bird Park

Dibuka dari pagi jam 10 sampai jam 5 sore, disini kita bisa berinteraksi langsung dengan berbagai macam jenis burung dan tentunya bisa memberikan makan langsung dan ambil foto mereka dari jarak dekat. Di sekitar KL bird park banyak taman-taman lainnya seperti deer park, KL Butterfly Park, Orchid Garden, dan National Planetarium.

5. Petaling Street/Chinatown

Tempat ini cukup populer di kalangan wisatawan yang ingin berbelanja dengan harga yang bisa ditawar. Bisa dijangkau dengan LRT Masjid Jamek ataupun Pasar Seni, berdekatan dengan Sze Ya Temple dan letak tepatnya ada di sekitar jalan Tun Tan Cheng Lock

pecinan di Malaysia

6. Bukit Bintang

Kawasan ini sangat padat, dan tergolong tempat gaul, selain mall di kawasan ini juga ramai dengan kafe dan berbagai tempat hiburan lainnya. Salah satu yang terkenal adalah Sungei Wang, mall tertua dan terkenal se golden-triangle

Bukit Bintang

7. Pasar Seni

Tempat belanja souvenir dan berbagai barang kerajinan lainnya di Malaysia dengan harga miring. Di pasar seni anda tidak hanya menemukan barang-barang khas melayu, ada juga beberapa barang dari India ataupun Cina. Uniknya mereka mengkategorikan barang tersebut sesuai dengan wilayahnya seperti, Little India, Malay Streets, Straits Chinese. Selain itu wilayah outdoornya terkenal dengan nama Kasturi Walk yang banyak menawarkan makanan kecil dengan harga yang murah.

inside the central market

8. Masjid Negara

Bentuk bangunan masjid negara ini khas dengan warnanya yang biru dan atapnya yang asimetris. Di sekitar masjid ini terdapat alat fitness gratis, nah buat para backpacker kalau mau menjaga kesehatan dengan cara yang efektif, alternatif disini bisa dimanfaatkan😀

National "blue" Mosque

9. Masjid Jamek

Masjid tertua yang dibangun pada tahun 1907, hasil rancangan Arthur Bension hubbock yang terinspirasi dari bangunan arsitektur di India ini merupakan masjid yang terkenal di KL karena letaknya yang strategis dan berada di tengah kota sekaligus dekat dengan Sungai Gombak dan Klang.

one of the old building, Jamek Mosque

10. Masjid India/Little India

Masjid ini berada di kawasan Little India yang juga banyak menawarkan berbagai barang aksesoris lainnya seperti di Pasar Seni maupun Petaling street. Di penghujung jalan terdapat tempat makan yang dapat dijadikan alternatif untuk makan siang ataupun makan malam karena harganya sangat terjangkau. Daerah ini ramai akan orang-orang India yang menggunakan bahasa tamil. Dijamin roaming kalau dengerin mereka ngomong😀

sightseeing Little India-KL

11. Malaysia Islamic Arts Museum

Awalnya saya menemukan tempat ini karena nyasar, tapi setelah masuk saya tidak menyesal dan justru malah merekomendasikan anda untuk mengunjungi tempat ini. Disini anda tidak hanya akan menambah pengetahuan tetapi anda juga akan memanjakan mata dengan berbagai keindahan yang dipamerkan dalam museum ini, mulai dari miniatur masjid di seluruh dunia, koin kuno, senjata-senjata kuno, baju khas dari berbagai zaman, dan beberapa barang lainnya. Favorit saya ada di area konstantinopel, penasaran seperti apa? Coba saja kunjungi museum yang letaknya tak jauh dari masjid negara ini, cukup dengan 12 RM untuk umum dan 6 RM untuk pelajar.

inside the islamic arts "beautiful" museum

11. Genting Highland

Tempat wisata ini terletak agak jauh dari pusat kota KL, anda harus naik LRT ke Terminal Putra dan disana disediakan bis setiap setengah jam sekali. Disini anda bisa mencoba bermain kasino, ataupun sekedar menikmati pemandangan dengan menggunakan kereta gantung.

12. Batu Caves

Wisata ini dekat dengan tebing tinggi yang berada tak jauh dari LRT Terminal Putra, disini anda bisa mencoba menaiki tebing dengan anak tangga. Siap-siap air minum ya, capek banget naiknya, disana juga ada dark cave tour yang sepertinya harus bayar deh. Tapi tempat ini free entrance kok

Batu Caves

Itu dia sekilas beberapa wisata yang bisa dijadikan rekomendasi anda untuk berwisata di Kuala Lumpur. Untuk transportasi cukup strategis, karena bisa menggunakan transportasi umum seperti LRT ataupun monorail. Untuk lebih lengkap rute LRTnya bisa anda lihat di postingan selanjutnya tentang Transportasi di Malaysia. Selamat Liburan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s